Mengenal Lebih Jauh Seputar Sidik Jari


Sebenarnya Saya bingung mau posting tentang apa kali ini. Keinginan untuk nge-blog begitu besar namun inspirasi untuk materinya belom didapatkan  😀 . Namun daripada tidak ada bahasan sama sekali, Saya akan mencoba membagikan info unik seputar “Sidik Jari

Mengapa Saya mempunyai sidik jari? Pertanyaan aneh tentang tubuh ini merupakan salah satu yang populer. “Vestigal” adalah istilah kedokteran yang diberikan kepada ciri tubuh yang tidak  mempuyai tujuan.

Sidik-sidik jari itu merupakan bagian-bagian kelihatan dari jaringan bergaris-garis di  mana epidermis kult menukik ke bawah ke dalam dermis sambil membentuk struktur yang saling mengunci. Konfigurasi sidik jari kaki dan tangan kita yang unik disebabkan siat agak acak pertumbuhan struktur dermal dan garis-garis itu

Sidik jari menolong kita untuk menggenggam dan memegang benda-benda dalam berbagai macam keadaan. Sidik jari berfungsi dengan prinsip yang sama dengan cara kerja ban mobil. Kita telah mengembangkan sistem yang terdiri dari lubang-lubang, tonjolan-tonjolan, dan parit-parit untuk menolong menyalurkan air keluar dari jari-jair kaki dan tangan kita. Meski tampaknya tidak banyak berarti, hal ini menimbulkan kemampuan genggam yang sedikit lebih baik. Sidik jari kaki melakukan hal yang sama. Sidik jari kaki menolong kita menjaga keseimbangan dan mencegah kita tergelicir diatas permukaan-permukaan yang basah dan rata.

Sidik jari juga mellindungi kita agar tidak melepuh. Sidik-sidik jari menolong meringankan tekanan ke samping yang dengan cara lain akan memisahkan kedua lapisan kulit dan memungkinkan cairan mengumpul di ruangan itu dan dengan demikian membentuk lepuhan.

Sumber referensi: Buku Tubuh Ajaib, oleh Dr Stephen Juan.

Iklan

2 thoughts on “Mengenal Lebih Jauh Seputar Sidik Jari

Isikan komentar:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s