Perpaduan antara Kesabaran dan Ketenangan


Salam blogger!

Jumpa lagi bersama Saya disini. Di sebuah blog yang menjadi tuangan inspirasi dan kata-kata yang tidak sempat dan belum bisa terucapkan oleh Saya.
Pada tulisan kali ini saya akan mencoba mengulas sedikit tentang kombinasi antara kesabaran dan ketenangan menurut pandangan dan pengalaman saya.
Baik, pertama-tama saya ingin mendefinisikan sebuah kesabaran itu. Dari sekian banyak para ahli yang mendefinisikan kesabaran, saya merasa lebih klop dengan pernyataan yang berbunyi seperti ini :
“Kesabaran merupakan sebuah kemampuan bertahan di tengah orang-orang yang ingin Anda jatuhkan”.
Pengertian di atas selalu saya terapkan dalam proses adaptasi. Tapi yang perlu digaris bawahi disini bahwa kata ‘jatuhkan’ pada kalimat diatas bukan berarti menjatuhkan dalam arti yang sebenarnya. Melainkan ‘menjadi pemenang’ pada kondisi dimana adanya atmosfer persaingan yang kentara sekali di dalamya.
Selanjutnya ada ketenangan. Ketenangan sangat berguna  ketika kita berada dalam situasi yang sulit dimana kita harus memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan entah itu hajat hidup orang banyak maupun kepentingan pribadi kita.
Lantas apabila keduanya (kesabaran dan ketenangan) ini dikombinasikan atau disatukan akan menjadi suatu kekuatan yang luarbiasa sekali. Dengan keduanya, kita bisa menjadi pemenang dalam berbagai ‘kompetisi’ dengan strategi yang baik karenanya.
Untuk itu sudah sepantasnya perlu dibiasakan sikap kesabaran dan ketenangan itu sesegera mungkin. Hilangkan stigma bahwakesabaran itu ada batasnya’karena ketahuilah kawan sesungguhnya manusialah yang membatasi kesabaran itu. Dan segala perbuatan yang dilakukan secara tergesa-gesa/terburu-buru itu tidak baik. Perlu kesabaran dan ketenangan untuk meyelesaikannya agar hasilnya pun maksimal dan memuaskan.

Cukup sekian dari saya, lebih dan kurangnya mohon maaf. Semoga bermanfaat…

Salam Persahablogan 😀

Isikan komentar:

